Sabtu, 28 November 2020

APLIKASI DAN PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI

 Tugas Pertemuan 11

1. Jelaskan menurut anda apa peran penting teknologi dalam perkembangan perusahaan? dan apa keuntungannya?

2. Apa peran pentingnya teknologi informasi dalam bisnis? Dan apa keuntungannya?

3. Jelaskan menurut anda apa peran pentingnya teknologi informasi di masyarakat? Menurut anda apakah peran IT lebih positif atau negatif? Berikan contohnya!

4. Jelaskan menurut anda apa peran penting teknologi informasi dalam organisasi?

5. Jelaskan menurut anda apa peran penting teknologi informasi dalam e-commerce? Berikan contohnya!

Jawab !

1. Teknologi memiliki peranan bagi perusahaan, yaitu:

·         Menunjang kegiatan operasional perusahaan

Kegiatan operasional perusahaan kini tidak memerlukan lagi cara-cara manual yang tentunya mempersulit tenaga kerja perusahaan tersebut. Karena kini teknologi pun bisa menyeimbangi bahkan melebihi kekuatan manusia. Mereka hanya perlu melengkapi untuk melakukan hal-hal yang mungkin memang belum bisa dilakukan oleh teknologi tersebut.

·         Mempermudah kegiatan perusahaan dengan berbagai aplikasi

Dengan berkembanganya teknologi, tentu bermunculan berbagai aplikasi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Sebagai contoh ialah aplikasi sistem akuntansi. Dengan adanya aplikasi tersebut, perusahaan tidak perlu mengharuskan tenaga kerjanya melakukan perhitungan akuntansi secara manual, karena aplikasi tersebut bisa membantu dalam menghitung keuangan perusahaan bahkan lebih akurat.

·         Mempercepat perolehan informasi mengenai hal-hal yang dibutuhkan perusahaan

Akses internet di zaman sekarang sangatlah mudah. Dengan adanya internet tersebut, memungkinkan perusahaan untuk mengetahui perkembangan bisnis yang ada didunia. Perusahaan juga bisa mencari data-data atau informasi yang mungkin dibutuhkan untuk proses perkembangan kemajuan perusahaan tersebut dengan mudah dan cepat.

·         Mempermudah untuk menjalankan aktivitas

Dengan mudahnya dalam mengakses teknologi, maka aktivitas pekerjaan yang dilakukan dengan teknologi tersebut pun terasa ringan dan mudah untuk dijalankan.

·         Minimize Risk

Teknologi mampu membantu perusahaan dalam mengurangi resiko yang akan terjadi serta dapat menjadi sarana dalam membantu manajemen pada pengelolaan resiko yang sedang dihadapi.

·         Reduce Costs

Teknologi juga dapat digunakan sebagai pengurangan biaya operasional perusahaan yang pada akhirnya berdampak pada profitabilitas perusahaan.

Keuntungan teknologi dalam perusahaan, yaitu :

·         Memperingan dan mempercepat pekerjaan

Dengan adanya teknologi, perusahaan lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan aktivitasnya.

·         Dapat digunakan sebagai sarana pemasaran atau promosi

Teknologi dapat dijadikan lahan promosi bagi perusahaan untuk mempromosikan produknya melalui teknologi internet yang kini dapat diakses dengan mudah.

·         Mempermudah komunikasi dengan perusahaan lain untuk menjalin kerjasama

Dengan adanya teknologi, komunikasi antar perusahaan pun menjadi lebih mudah tanpa harus tatap muka sekalipun.

·         Memudahkan mencari informasi mengenai bisnis perusahaan

Memudahkan perusahaan mencari segala informasi apapun yang memang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut untuk melakukan aktivitasnya.


2.  Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce (e-dagang) atau perdagangan elektronik. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain-lain. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Keuntungan teknologi informasi dalam bisnis yaitu :

·         Munculnya peluang bisnis baru (E-business)

Dengan semakin majunya teknologi dan informasi akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan.

·         Mengurangi biaya produksi dan operasional

Dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan mengeluarkan pengeluaran yang sedikit. dan mengurangi operasional sehingga perusahaan dapat menambah jumlah produksi di setiap barang produksinya.

·         Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan

Karyawan tidak perlu repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama, dan bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide.

·         Akses informasi dan penyebaran informasi

Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas dengan cepat dibandingankan dengan enggunakan fax atau pos.

·         Komunikasi yang cepat

Fasilitas yang ada di internet banyak membuktikan kecepatanya berkomunikasi dengan orang yang dituju, seperti E-mail yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi.


3. Peran teknologi informasi di masyarakat, yaitu :

·         Membantu menyalurkan aspirasi masyarakat

Aspirasi masyarakat bisa menjadi indikator terbaik untuk menentukan apakah pihak pemerintah sudah mampu memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Dengan media ini, masyarakat juga bisa mengeluarkan pendapat serta masukan yang berguna untuk jalannya pemerintahan. Dengan adanya teknologi informasi, aspirasi masyarakat bisa langsung disampaikan tanpa proses yang rumit. Pemerintah pun bisa mengetahui aspirasi dan keluhan masyarakat secara cepat dan akurat.

·         Memetakan solusi yang tepat guna

Dengan mudahnya akses pemerintah kepada aspirasi masyarakat, maka solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada di daerah pun menjadi lebih tepat guna. Pemanfaatan TI yang baik juga akan membantu pemerintah untuk mengelompokkan aduan masyarakat. Dengan demikian, penanganan terhadap masalah pun menjadi lebih tepat guna dan intensif.

·         Menyajikan data akurat untuk pengambilan kebijakan

Peran TI dalam pengambilan kebijakan adalah dengan menyajikan data yang akurat dan sesuai dengan data di lapangan. Data yang diperoleh kemudian dapat terintegrasi secara baik, terutama data-data penting, baik melalui aplikasi internal pemerintah ataupun aplikasi lainnya yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi swasta. 

·         Memberikan informasi kepada masyarakat

Saat ini, di Indonesia sudah banyak daerah yang memanfaatkan TI untuk menyebarkan informasi kepada masyarakatnya. Salah satunya adalah melalui pembuatan website resmi pemerintah daerah. Dari sini, masyarakat bisa mengakses informasi tentang data-data daerah, prosedur pengurusan surat, atau bahkan produk hukum dari pemerintah.

·         Memudahkan masyarakat

Adanya inovasi teknologi memang dimaksudkan untuk memudahkan kehidupan manusia. Begitu pula dengan inovasi teknologi informasi. Masyarakat tidak harus melalui prosedur konvensional yang berbelit-belit seperti dulu. Dengan demikian, pelayanan publik pun semakin optimal dan tepat guna.

Menurut saya akibat dari penggunaan teknologi informasi di masyarakat saat ini memiliki dampak positif dan negatif yang sama tergantung pada diri kita sendiri. Namun sebenarnya dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini lebih memberikan pengaruh positif dari segala hal yang dapat membantu dalam mengerjakan apa saja yang kita butuhkan. Sehingga dalam menggunakan teknologi dapat memberikan dampak dari sisi positif maupun negatifnya tergantung bagaimana memanfaatkan teknologi itu sendiri. Jika kita menggunakan teknologi untuk hal positif maka akan memberikan keuntungan bagi kehidupan kita sendiri dan begitupun sebaliknya. Jika kita menggunakan teknologi dari sisi negatifnya saja maka akan banyak menimbulkan masalah bagi kehidupan kita sendiri.

Dampak Positif :

·         Memudahkan dan mempercepat pertukaran informasi kepada setiap orang di seluruh dunia, para pengguna internet dapat menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web).

·         Kemudahan memperoleh informasi yang lebih up-to-date ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang baru terjadi dan mengetahui perkembangan internet secara pesat.

·         Memudahkan pekerjaan, Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh satu orang menjadi lebih efektif dan efisien

·         Mempermudah penyebaran informasi, ilmu, dan pengetahuan.

·         Dapat  berkomunikasi jarak jauh dimana saja dan kapanpun itu.

·         Dengan adanya teknologi video call atau video conference seseorang sudah dimudahkan melakukan pertemuan atau rapat meski jaraknya jauh.

·         Sistem pembelajaran dapat dilakukan secara online tanpa harus melakukan tatap muka

Dampak Negatif :

·         Masuknya budaya luar yang tidak mudah untuk diterima oleh anak di Indonesia

·         Kurangnya orang-orang bersosialisasi, karena fokusnya selalu kepada teknologi. Bisa dikatakan waktu untuk keluarga, saudara, maupun teman-teman lebih sedikit karena telah kecanduaan tuk menghabiskan waktunya di depan komputer.

·         Game yang selalu dimainkan oleh anak-anak ternyata lebih menghancurkan karakternya dibandingkan kekerasan yang ada di televisi bahkan kekerasan dalam kehidupan yang nyata.

·         Selalu ingin mengetahui privasi atau milik orang lain.

·         Tentunya teknologi informasi tidak mengenal moral manusia, makanya teknologi tak dapat dijadikan sebagai pemecah/solusi masalah-masalah kemanusiaan.

·         Munculnya situs-situs porno di internet yang memudahkan anak-anak sekarang melihatnya baik itu gambar maupun video.

·         Pemanfaatan teknologi disalah gunakan dengan perlakuan baru, misalnya penipuan dengan cara memanipulasi data pada rekening bank, hacker jaringan komputer dari  perusahaan, virus computer, penyadapan email, dsb.


4. Peran penting teknologi informasi dalam organisasi, diantaranya : 

·         Fungsi Operasional.

Membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai firm infrastructure.

·         Fungsi Monitoring and Control.

Keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer. Sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.

·         Fungsi Planning and Decision.

Mengangkat teknologi informasi ke tataran peranan yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya.

·         Fungsi Communication.

Secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi modern, dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.

·         Fungsi Interorganisational.

Merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain.

Keuntungan :

·         Sebagai media untuk mengawasi kinerja organisasi.

·         Sebagai media untuk meningkatkan kualitas informasi.

·         Sebagai media untuk menganalisa daya saing organisasi.

·         Penghematan biaya, waktu, dan peningkatan produktivitas.

·         Untuk membantu aktivitas manajemen sumber daya manusia.


5. Berikut beberapa peranan teknologi dalam e-commerce yang digunakan :

·         Electronic Data Interchange (EDI), EDI adalah sebuah standar struktur dokumen yang dirancang untuk memungkinkan organisasi besar untuk mengirimkan informasi melalui jaringan private. EDI saat ini juga digunakan dalam situs perusahaan (corporate website).

·         Open Buying on the Internet (OBI), Sebuah standar yang dibuat oleh Internet Purchasing Roundtable yang akan menjamin bahwa berbagai sistem e-commerce dapat berbicara satu dengan lainnya.

·         Open Trading Protocol (OTP), OTP dimaksudkan untuk menstandarisasi berbagai aktifitas yang berkaitan dengan proses pembayaran, seperti perjanjian pembelian, resi untuk pembelian, dan pembayaran.

·         Open Profiling Standard (OPS), Sebuah standar yang di dukung oleh Microsoft dan Firefly. OPS memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah profil pribadi dari kesukaan masing-masing pengguna yang dapat dia bagi (share) dengan merchant.

·         Secure Socket Layer (SSL), Protokol ini di didesain untuk membangun sebuah saluran yang aman ke server.

·         Secure Electronic Transaction (SET), SET akan mengenkodekan nomor kartu kredit yang di simpan di server merchant

·         Truste, Sebuah partnership dari berbagai perusahaan yang mencoba membangun kepercayaan public dalam e-commerce dengan cara memberikan cap good housekeeping yang memberikan approve pada situs yang tidak melanggar kerahasiaan konsumen.

Contoh situs e-commerce :

·         Toko Online Terbesar

 Amazon : http://amazon.com

 Buy : http://buy.com

·         Product Search

 Google Product Search : http://google.com/products

 Live Product Search : http://products.live.com

 Yahoo! Shopping : http://shopping.yahoo.com

·         Lelang (auctions)

 eBay : http://ebay.com

 uBid : http://ubid.com

 OverStock : http://overstock.com

 Yahoo! Auctions : http://auctions.yahoo.com

 eBid : http://eBid.net

·         Classified (Daftar Klasifikasi)

 Craigslist : http://craigslist.org

 Yahoo! Classifieds : http://classifieds.yahoo.com

 Google Base : http://base.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar